Jumat, 30 Oktober 2015

MENCEGAH SERANGAN VIRUS BADUSB




MENCEGAH SERANGAN VIRUS BADUSB

Virus BadUSB baru-baru ini menjadi salah satu topik hangat yang diperbincangkan oleh para pakar teknologi dan ahli keamanan dunia. Serangan virus BadUSB menjadi suatu ancaman baru bagi pengguna USB. BadUSB merupakan sebuah malware berbahaya yang dapat merusak sistem gadget Anda.

Malware berbahaya tersebut masih belum mendapatkan penawar oleh para pakar peneliti keamanan cyber dalam pembasmiannya.

tekno.liputan6.com
Akibat yang ditimbulkan dari serangan virus BadUSB adalah malware tersebut mengambil alih kendali sistem USB secara penuh, lalu mengarahkan lalu lintas web penggunanya atau bahkan mengubah file yang ada di dalam USB serta menyebarluaskan serangannya ke PC host.

Menurut David, salah satu peneliti dari antivirus Kaspersky Lab mulai angkat bicara dan memberikan pernyataan singkat terkait serangan malware jahat tersebut. Berikut kutipan pernyataannya:

"Salah satu hal yang bisa disebabkan oleh malware ini ialah dia mengeksploitasi celah buatannya di perangkat terinfeksi dan mempublikasikannya. Celah itu akan memberikan penyerang akses penuh atas perangkat lain yang terhubung ke perangkat keras dan lunak yang sudah terinfeksi dan risikonya lebih besar," kata David Emm, peneliti dari Kaspersky Lab.

Ini akan menjadi berita buruk yang berkepanjangan. Pasalnya sampai saat ini, para pakar peneliti keamanan cyber masih belum bisa memecahkan kode dari serangan malware BadUSB tersebut.

tekno.liputan6.com
Tapi, Anda tak usah terlalu khawatir memikirkan hal tersebut. Serangan malware yang dapat mengubah perangkat USB jadi perangkat berbahaya itu ternyata masih bisa ditanggulangi asalkan belum terlambat.

Kami akan menyampaikan beberapa informasi terkait Cara mencegah serangan virus BadUSBtersebut. Berikut tipsnya :)
  1. Dalam penggunaan USB flashdisk, usahakan jangan sembarangan mencolokkan USB yang tidak jelas asal-usulnya.

    Meskipun flashdisk USB tersebut milik rekan atau teman Anda sendiri, belum tentu flashdisk tersebut bersih dari malware BadUSB. Solusinya adalah izinkan USB flashdisk yang terpercaya saja untuk mengakses komputer atau perangkat mobile Anda.
     
  2. Jangan gunakan USB bekas atau pemberian karena berpotensi memberi akses kepada software berbahaya kepada perangkat Anda.
     
  3. Tetap awasi perangkat atau komputer Anda, jangan sampai perangkat Anda terbuka tanpa pengawasan. Berdasarkan penjelasan tim Security Response di Symantec, hal itu perlu dilakukan karena BadUSB membuat dirinya tidak muncul dan tersembunyi di dalam USB. Selain itu, teknologi anti-virus tradisional tidak bisa memeriksa driver yang sedang berjalan di dalam USB.

Untuk sementara, ketiga tips di atas adalah antisipasi paling bagus dan tepat untuk menghindari serangan virus BadUSB. Sebelum ditemukannya cara ampuh menetralisir perangkat yang sudah terinfeksi BadUSB oleh para peneliti, pastikan Anda melakukan ketiga tips di atas dengan baik dan benar.

1 komentar:

Kevin Dellinger mengatakan...

Greetings from Florida! I'm bored to death at work so I decided to check out your blog on my iphone during lunch break. I love the knowledge you present here and can't wait to take a look when I get home. I'm shocked at how fast your blog loaded on my cell phone. I'm not even using WIFI, just 3G. Anyways, amazing site! Browse around this site: How To Lock Files

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Kontak Kami

Kursor Blog

Daftar Isi

Pembaca

Copyright © 2012. Jumper Tec - All Rights Reserved My Free Template by Bamz